environment

environment

Gg1

Minggu, 13 Desember 2009

Tujuh Makanan Pendongkrak Konsentrasi

Mediaindonesia.com - ANDA tentunya sudah sering mendengar berbagai info mengenai makanan dan suplemen yang bisa membantu menajamkan fokus dan konsentrasi, menguatkan memori, daya pikir, dan fungsi otak. Apakah makanan ini benar-benar bisa membantu? Secara alami, tentunya tubuh akan menua seiring dengan usia dan akan terjadi penurunan fungsi organ tubuh. Tetapi, kabar bagusnya, Anda bisa meningkatkan kesempatan mempertahankan kesehatan otak dengan cara menambah beberapa makanan dan minuman ke dalam diet And

1. Kafein

Kafein yang terdapat pada kopi, cokelat, minuman berenergi, dan beberapa obat bisa membantu Anda menajamkan kerja otak dalam jangka pendek. Tetapi hindari jumlah berlebih. Kelebihan kafein bisa membuat jantung berdebar-debar dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

2. Gula

Gula merupakan bahan bakar otak. Gula yang dimaksud tentu bukan gula yang biasa kita konsumsi seperti gula pasir dan gula merah tetapi glukosa, hasil metabolisme dari gula dan karbohidrat yang Anda konsumsi. Karena itu, mengonsumsi segelas minuman manis bisa menguatkan ingatan jangka pendek, proses berpikir, dan kemampuan mental. Akan tetapi, hindari jumlah berlebih. Jumlah berlebih justru bisa memicu gangguan ingatan dan menambah berat badan.

3. Protein

Protein akan membuat Anda kenyang lebih lama dibandingkan dengan karbohidrat atau lemak. Dengan kenyang lebih lama, tentunya Anda juga akan lebih konsentrasi dalam menjalankan aktivitas. Selain itu, konsumsi diet kaya sumber protein yang rendah lemak bagus untuk menurunkan berat badan dan kesehatan secara umum.

4. Ikan

Ikan kaya akan protein dan asam lemak omega 3 yang sangat penting bagi perkembangan dan fungsi otak. Omega 3 terbukti bisa menurunkan risiko mengalami kepikunan dan stroke, memperlambat penurunan kemampuan mental, serta berperan dalam menguatkan ingatan, khususnya di usia tua. Untuk menjaga kesehatan otak dan jantung, ada baiknya mengonsumsi 2 takar ikan per minggu.

5. Kacang-kacangan dan cokelat

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan yang kaya antioksidan vitamin E, yang dinyatakan bisa mengurangi penurunan kemampuan kognitif saat tua. Selain makanan ini, dark chocolate (cokelat tanpa campuran susu) juga mengandung antioksidan kuat dan stimulan alami seperti kafein yang bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Untuk mendapatkan manfaat tanpa kelebihan kalori, lemak atau gula, Anda bisa mengonsumsi hingga 1 ons kacang-kacangan setiap harinya.

6. Alpukat dan whole grain

Setiap organ tubuh, khususnya jantung dan otak, bergantung pada aliran darah. Dan Anda bisa mengonsumsi whole grain dan alpukat utnuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan memperlancar aliran darah. Ini merupakan cara yang mudah untuk mengaktifkan sel-sel otak. Selain itu, whole grain seperti popcorn dan whole wheat juga mengandung serat dan vitamin E. Bagaimana dengan lemak dalam alpukat? Tidak perlu cemas, alpukat mengandung lemak tunggal tidak jenuh, jenis lemak sehat yang bagus untuk memperlanc

7. Blueberries

Penelitian pada hewan menemukan kalau blueberries efektif melindungi otak dari stres yang bersifat oksidatif serta mengurangi efek akibat penuaan seperti penyakit kepikunan. Studi-studi juga menunjukkan, diet yang kaya blueberries secara signifikan meningkatkan kemampuan belajar dan kemampuan motorik pada tikus tua, sehingga tikus-tikus tersebut mempunyai kemampuan mental yang setara dengan tikus-tikus muda. (OL-08)

Penulis : Ikarowina Tarigan

Tidak ada komentar: