environment

environment

Gg1

Minggu, 13 Desember 2009

manfaat herbal cara hidup

http://carahidup.um.ac.id/author/ida/
Arsip penulis
Kacang Hijau (Phaseolus Aureus)
21/07/2009 ida 1 komentar

kacang-hijauKacang
hijau berasal dari polong-polongan. Kandungan yang terdapat di dalam
kacang hijau: protein (memperkuat daya tahan tubuh), kalsium dan fosfor
(memperkuat tulang), vitamin B1 (membantu proses pertumbuhan dan
menghasilkan energi), vitamin B2 (membantu penyerapan protein dalam
tubuh), vitamin E (membantu meningkatkan kesuburan), zat besi (membantu
pembentukan sel darah merah), magnesium (menjaga fungsi otot dan
syaraf) dan rendah lemak. Di dalam kacang hijau juga terdapat
antioksidan yang berguna bagi tubuh yaitu mencegah penuaan dini dan
mencegah penyebaran sel kanker, menjaga keasaman lambung, dan membantu
memperlancar pencernaan.

Manfaat kacang hijau:

1. Menyembuhkan demam.
2. Menyembuhkan sakit perut.
3. Memperkuat akar rambut.
4. Meluruhkan kencing.
5. Menyembuhkan maag.
6. Memperkuat seksualitas pria.

Cara pemakaian untuk mengobati penyakit mag:

* Ambil bubuk kacang hijau satu sendok makan.
* Tuangkan air hangat.
* Aduk sampai rata dan siap diminum satu kali setiap hari

Kategori:Hidup Sehat TagKacang hijau, Obat alami
Makanan Untuk Mempertajam Memori
13/07/2009 ida Tidak ada komentar

2009_04_16_09_45_44_conten-health

Anda mudah lupa? cobalah menilik beberapa makanan yang disebutkan di bawah untuk mempertajam memori anda..

Para peneliti dari Harvard Medical School meneliti lebih dari 13.000 perempuan selama 25 tahun. Hasil penelitian menunjukkan, partisipan yang mengkonsumsi sayuran dalam jumlah besar selama bertahun-tahun mempunyai risiko lebih kecil mengalami penurunan daya ingat.

Sayuran berkelopak bunga empat (cruciferous vegetable) dan sayuran berdaun banyak (leafy green vegetable) sangat berperan dalam membantu perempuan mempertahankan daya ingat mereka selama masa studi. Selain itu, makanan yang kaya anthocyanin dan quercetin juga sangat baik untuk meningkatkan daya ingat.

Berikut beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya ingat Anda:
Apel

Apel kaya akan quercetin, antioksidan yang telah terbukti efektif melindungi otak dari serangan penyakit alzheimer. Walaupun quercetin juga bisa ditemukan dalam daging buah, tetapi sebagin besar quercetin terdapat di kulitnya. Selain itu, kulit apel merah juga mengandung anthocyanin.

Bayam

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan, bayam efektif mencegah bahkan mengembalikan daya ingat. Hal ini diyakini karena kandungan asam folik yang banyak terdapat pada bayam. Nutrisi ini juga dipercaya bisa melindungi dari kemungkinan hilang ingatan akibat usia atau penyakit alzheimer. 1/2 gelas bayam masak saja sudah bisa mencukupi 2/3 dari kebutuhan asam folik harian Anda.

Bawang merah

Bawang merah mengandung anthocyanin dan quercetin. Tidak hanya bawang merah, bawang putih juga mengandung quercetin. Di India, bawang merah sudah digunakan sebagai obat untuk mempertajam ingatan selama berabad-abad. Baca lanjutannya…
Kategori:Hidup Sehat TagMemori
Apel, Apel, dan Apel
13/07/2009 ida 1 komentar

apelmalangAn apple a day keeps the doctor away. Ungkapan kuno yang selalu aktual itu bukan sekedar kata-kata. Manfaat apel memang luar biasa karena buah ini mengandung sejumlah vitamin, mineral, serat, serta kaya antioksidan. Jadi jangan tunda untuk makan sebuah apel setiap hari.

Manfaat apel sudah dikenal sejak zaman Romawi. Pada masa itu, apel kerap digunakan sebagai bahan pencuci alat pencernaan. Hal itu disebabkan adanya asam tartar pada apel. Asam tartar ini dapat menghambat pertumbuhan penyakit yang disebabkan oleh bakteri saluran pencernaan.

Banyak manfaat lain yang juga didapat dari sebuah apel. Penelitian menunjukkan bahwa apel mempunyai kadar quercetin yang cukup tinggi. Tingginya kadar quercetin disebutkan dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dalam darah. Hal ini dapat mengurangi kadar kolesterol LDL yang bisa merusak aliran darah. Baca lanjutannya…
Kategori:Hidup Sehat TagApel
Kebiasaan Makan yang Membahayakan
13/07/2009 ida Tidak ada komentar

1. Melewatkan sarapan. Sarapan penting untuk meningkatkan konsentrasi belajar dan bekerja juga dapat menambah kemampuan berpikir dan melakukan aktifitas fisik. Dalam jangka panjang kadar hemoglobin (Hb) yang biasa sarapan akan lebih baik daripada yang tidak sarapan.

2. Mencoba berbagai program diet. Mencoba berbagai program diet untuk melangsingkan tubuh atau tujuan lain dapat membuat Anda stres. Tidak ada cara ajaib untuk menurunkan berat badan secara cepat. Cara terbaik adalah menikmati makanan secara seimbang.

3. Menambahkan garam pada makanan. Menambahkan garam pada makanan bisa berdampak buruk pada tekanan darah juga menambah tingginya risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

4. Makan sambil berjalan atau terburu-buru. Makan terburu-buru menyebabkan proses mencerna makanan tidak berjalan dengan baik. Sisihkan waktu paling tidak 10 menit untuk makan dalam suasana rileks.

5. Meneguk minuman dalam keadaan panas. Kebiasaan ini bisa meningkatkan perkembangan kanker di dalam mulut dan esofagus. Para dokter menganjurkan meneguk minuman dalam keadaan hangat.

6. Tidak mencuci tangan, buah, dan sayur. Mencuci tangan secara benar sebelum makan bisa mengurangi risiko tertular bakteri penyebab sakit. Dengan mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi bahkan sebelum masuk kulkas berarti menghilangkan bakteri dan mengurangi risiko terkena penyakit.

7. Lupa minum air putih. Air putuh sangat diperlukan untuk membantu metabolisme di dalam tubuh. Kekurangan air putih akan menyebabkan dehidrasi yang mengakibatkan terganggunya fungsi-fungsi organ.

8. Tidak mengindahkan tanggal kadaluarsa makanan dan minuman. Tanda best before menunjukkan waktu pemanfaatan yang terbaik dan jika melewatinya berarti kualitas telah menurun sedangkan tanda use by mengacu pada keharusan mengonsumsi sebelum tanggal tercantum dan jika melewatinya berarti tidak aman dikonsumsi.
Kategori:Hidup Sehat TagKebiasaan makan
Ketahui Banyaknya Manfaat Buah Pisang Untuk Kita
13/07/2009 ida 3 komentar

pisang2Pernah membayangkan bagaimana rasanya menjadi Williams bersaudara, pemegang gelar juara berbagai pertandingan tenis putri dunia? Selain skill yang mumpuni, tentunya stamina tubuh yang prima adalah kunci utama bagi mereka untuk tetap unggul di lapangan. Bayangkan! Terkadang Williams bersaudara harus bertanding selama lebih dari 6 jam untuk memenangkan pertandingan!
Jika Anda cermat memperhatikan, asupan gizi yang menjadi favorit kebanyakan atlet tenis dunia adalah pisang! Ya, pisang menjadi penyelamat bagi mereka. Pisang mampu dengan mudah diserap tubuh dan mengembalikan energi puncak mereka.

Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut: kalori 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 miligram (mg), serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, Vitamin B 0,08 mg, Vitamin C 3 mg, dan air 72 gram.

Kandungan buah pisang sangat banyak, terdiri dari mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan lain-lain, sehingga apabila orang hanya mengonsumsi buah pisang saja, sudah tercukupi secara minimal gizinya.

Pilih Pisang Berkualitas Terbaik!images
Pilihlah pisang yang sudah matang, yang kulitnya hijau kekuning-kuningan dengan bercak coklat atau kuning, sebab ini akan mudah dicerna, dan gula buah diubah menjadi glukosa alami secara cepat diabsorbsi ke dalam peredaran darah, pisang yang mentah akan sulit dicerna.

Berbagai Manfaat Pisang

Sumber Kekuatan Tenaga
Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah. Baca lanjutannya…
Kategori:Hidup Sehat TagPisang
Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan
13/07/2009 ida 2 komentar

kurmaKurang lengkap rasanya jika tidak menyantap kurma saat berbuka puasa. Kalau biasanya buah-buahan mengandung energi dan kalori yang rendah maka tidak halnya dengan kurma. Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi kurma menjadi sumber energi yang tinggi pula. Bahkan tertinggi diantara semua buah-buahan lainnya. Karena itulah kurma sangat cocok untuk mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa. Bagi orang yang cukup banyak makan kurma pada waktu sahur akan menjadi segar dan tahan lapar karena bahan pan

Kurma bisa disantap langsung dalam keadaan kering atau segar. Kurma juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai hidangan, seperti: aneka produk roti, permen, es krim, dan sirup. Di negara-negara Timur Tengah, kurma biasanya dikonsumsi bersama hasil olahan susu. Kurma mengandung beberapa bahan yang bermanfaat untuk kesehatan, antara lain: kalium, salisilat, karbihidrat, dan vitamin.

1. Kalium

Dalam 100 gr kurma kering terdapat 666 mg kalium, sehingga berkhasiat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kalium merupakan mineral yang penting untuk melancarkan pembuluh darah, membuat denyut jantung menjadi teratur, mengaktifkan kontraksi otot, dan menstabilkan tekanan darah.

2. Salisilat

Salisilat merupakan zat yang digunakan sebagai bahan baku aspirin (obat pengurang/penghilang rasa sakit dan demam). Salisilat bersifat mencegah pembekuan darah, anti inflamasi, dan penghilang rasa nyeri. Aspirin reguler dosis rendah (kurang atau separuh dosis yang biasa diminum per hari) sanggup membantu mencegah sakit kepala hingga serangan jantung dan stroke.

Menurut Nurfi Afriansyah Staf Peneliti KIE Gizi Puslitbang Gizi Bogor, salisilat juga bisa mempengaruhi prostaglandin yaitu kelompok asam lemak hidroksida yang merangsang kontraksi otot polos dan menurunkan tekanan darah. Salisilat biasanya ditemukan pada kurma yang sudah kering. Baca lanjutannya…
Kategori:Hidup Sehat TagKurma
Lemak Baik dan Lemak Jahat
29/06/2009 ida Tidak ada komentar

ANDA pastinya sudah sering mendengar mengenai gaya hidup sehat dengan diet rendah lemak. Hal ini tidak berarti Anda harus menghindari lemak sepenuhnya. Bagaimanapun, tubuh kita tetap memerlukan lemak. Lagipula, tidak semua lemak itu buruk. Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah cerdas dalam memilih jenis lemak yang baik.

Sebagian besar makanan mengandung berbagai jenis lemak, termasuk lemak jenuh, lemak tidak jenuh ganda, lemak tidak jenuh tunggal, dan lemak trans. Di antara lemak ini, ada yang lebih baik dibandingkan yang lain. Untuk mengenal lebih jauh, berikut uraian mengenai lemak yang sehat dan yang tidak sehat.

Lemak Sehat
Jika ingin memilih lemak, pilihan terbaik adalah lemak-lemak yang tidak jenuh, baik lemak tidak jenuh tunggal maupun ganda. Jenis lemak ini, bila digunakan untuk menggantikan jenis lemak lainnya, bisa menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat LDL dalam darah.

Asam lemak omega-3, salah satu jenis lemak tidak jenuh ganda, sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Omega-3 ini terbukti bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Selain itu, lemak ini juga berfungsi melawan detak jantung yang tidak normal serta membantu menurunkan tekanan darah.

Untuk membantu Anda memilih makanan, berikut merupakan jenis dan sumber lemak sehat:

Lemak tidak jenuh tunggal. Bisa diperoleh dari olive oil, minyak kacang, canola oil, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Lemak tidak jenuh ganda. Bisa diperoleh dari minyak sayur, kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Asam lemak omega-3. Bisa diperoleh dari ikan seperti salmon dan mackerel, biji rami, minyak rami, dan kenari. Baca lanjutannya…
Kategori:Obesitas TagLemak
Makanan Penyehat Gigi
29/06/2009 ida 1 komentar

gigiANDA mungkin tak pernah berpikir bahwa makanan yang Anda konsumsi akan mempengaruhi kesehatan gigi. Jika Anda berpikir bahwa hanya dengan menggosok gigi setiap hari dan berkumur semua sudah beres, Anda salah. Untuk melawan sakit gigi dan membunuh bakteri, beberapa jenis makanan memiliki peran penting.

Cranberry
Mineral yang terkandung dalam buah ini merupakan pelindung bagi gigi untuk memblok tinggalan noda yang dibuat oleh saus, kopi, anggur merah atau kola. Para imuwan di Universitas Rochester di New York menyatakan bahwa cranberry juga dapat menghambat ezim-enzim yang dibutuhkan bakteri jahat untuk bisa hidup di gigi, juga mencegah timbulnya plak penyebab karang gigi. ├┤Perlindungan ini berjalan efektif selama tiga hingga empat jam,├ ujar Marc Liechtung, DMD, P dari New York, bila Anda tidak menyikat gigi setel

Wortel
Makanan kegemaran kelinci ini ternyata dapat meningkatkan produksi saliva yang pada akhirnya akan mencuci mulut, mengurangi germ, dan bakteri. Menurut Georgiana Donadio, DC, PhD, ahli gizi dan pendiri National Institute of Whole Health, wortel juga bermanfaat mencegah bakteri yang menyerang gigi. Konsumsi wortel mini (baby carrot) setiap hari akan membantu gigi untuk membilas sisa-sisa makanan dan bakteri yang terjebak dalam gigi. Baca lanjutannya…
Kategori:Hidup Sehat TagGigi
Pengaruh Vetsin Terhadap Saraf
29/06/2009 ida 3 komentar

vetsinMasyarakat ekonomi menengah banyak mengomsumsi glutamat eksogen berupa garam monosodium glutamat (lebih dikenal dengan vetsin) sebagai penyedap makanan. Sebagian dari mereka sering mengeluh sakit kepala (sefalgia) yang dikenal dengan Chenese Restaurant Syndrome.

Mekanisme depolarisasi membran neuronal (saraf) dibawah pengaruh glutamat sehingga terjadi permeabilitas terhadap ion Na, Ca, dan air. Ion Ca masuk ke dalam sel (peningkatan ion Ca intraseluler), ini merupakan fase awal dan fase lanjut kematian sel (The early and late phases of glutamate-like Neurotoxity).

Mekanisme dipolarisasi ini juga meningkatkan aktifasi mekanisme homeostatik (ATP dependent) yang menyebabkan energi cadangan neuron berkurang sehingga tidak dapat mempertahankan keseimbangan ion intraseluler dan ektraseluler, sehingga dapat menyebabkan awal kematian sel.

Glutamat banyak terdapat pada protein makanan nabati dan dalam bentuk garam monosodium glutamat yang digunakan sebagai penyedap makanan (enhancing flavour). Konsentrasi glutamat pada jaringan otak sebesar 10 mm, sebagian besar di synaptic vesicles. Glutamat endogen ataupun eksogen dalam konsentrasi besar merupakan neurotoxin untuk sistim saraf pusat dan ini telah dibuktikan secara histologi oleh Headley and Grillner pada tahun 1990 .

Heathfield 1990, melaporkan pada penderita Sporadic Motor Neuron Diseases ditemukan toleransi abnormal glutamat dan terdapat peningkatan konsentrasi plasma glutamat dengan gejala:

* kelumpuhan kedua lengan dan atau kedua tungkai,
* gangguan berjalan/sempoyongan,
* gangguan miksi/urine,
* kelainan cairan sumsum tulang belakang (liquor),
* reflek fisiologis meningkat,
* pemeriksaan neurofisiologik didapatkan kelainan somato sensorik evoked potensial (SSEP), dan
* pemeriksaan computed tomogram (CT) scan dan magnetic resonance imaging (MRI) adalah normal.

Sejak tahun 1971, Olney telah melakukan penelitian pengaruh eksogen monosodium glutamat terhadap jaringan otak hypothalamus pada bayi tikus dan bayi monyet. Hasil penelitian menunjukkan proses pembengkakan (rapid swelling) dari sel body neuronal dan dendrit diikuti dengan perubahan degeneratif jaringan organel intraseluler dan khromatin nukleus.

Pada tahun 1978, Olney mempublikasikan hal tersebut sebagai Excitotoxic Hypothesis/Neurotoxicity of Exogenous Glutamate.

Schaumburg dkk 1969, mengobservasi pemakaian eksogen monosodium glutamat pada pemakan Chinese Food yang mengeluh sakit kepala disebut sebagai Chenese Restaurant Syndrome, hal ini telah dibukukan dalam Wolff’s Headache tahun 2001. Walaupun demikian, Morselli dkk 1970, melakukan double blind trial dengan mengunakan 3 gram monosodium glutamat. Hasil penelitian tidak ditemukan gejala klinis yang bermakna secara uji statistik dibandingkan dengan placebo.

Plaitakis dkk 1982, meneliti pasien-pasien gangguan metabolisme enzim hati (deficiency of hepatic glutamate dehydrogenase). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan konsentrasi glutamat plasma yang sangat berhubungan dengan (endogenous glutamate metabolism) kematian sel saraf.

Rothman dkk 1987 dan CHOI dkk 1990, mempublikasikan kerusakan jaringan otak kecil (serebellum), batang otak (brainstem), sumsum tulang belakang (spinal cord) yang menyerupai seperti kerusakan pada penderita stroke (iskhemia), dan penderita kejang (seizure) yang relevan dengan pengaruh eksogen dan endogen glutamat.

Otak kecil (serebellum) pada manusia berfungsi sebagai pusat keseimbangan tubuh , pusat koordinasi gerak, dan pusat penjaga tonus otot. (Dr. Andreas Harry Sp.S (K), Consultant Neurologist di Jakarta)

Sumber: http://www.smallcrab.com/kesehatan/25-healthy/77-pengaruh-vetsin-pada-saraf
Kategori:Hidup Sehat TagVetsin

Tidak ada komentar: