environment

environment

Gg1

Senin, 27 September 2010

Autism Menyebabkan Orang Tua Bingung

Iwan Suwandy
Dokter,Master Hospital Administration ,pensiunan POLRI pangkat terakhir kombespol, setelah pensiun saya membuat internet blog yang lama hhtp//www uniquecollection.wordpress.com dan karena sudah penuh blog baru
hhtp//www.iwansuwandy.wordpress.com.

hobi saya bertualangan keliling dunia dan mengumpulkan koleksi unik yang ditemukan saat pertualangan tersebut. saya sudah menawarkan kerjasma dengan gramedia dan kompas untuk menerbitkan buku elektronik cyber e-book tetapi belum ada kontak,mungkin dengan jadi angg


Autism Menyebabkan Orang Tua Bingung
http://kesehatan.kompasiana.com/group/medis/2010/09/16/autism-menjebabkan-orang-tua-binggung/
Iwan Suwandy
16 September 2010 | 18:56

Autism suatu kelainan yang membuat orang tua di Indonesia jadi bingung, penelitian penyebab kelainan tersebut sudah mulai ada hasilnya, oleh karena itu Dr Iwan telah mendirikan Pusat Informasi Autism di dunia maya dengan latarbelakang , Hasil Penelitian dan Metode Penangulangan sebagai berikut :

I.LATAR BELAKANG

1. Autism menyebabkan banyak Orang Tua di Indonesia jadi binggung. menurut penelitian satu dari dua ratus anak didunia mengalami Autism,para peneliti dunia berusaha keras untuk menjawab pertanyaan apakah penyebab dan cara mengatasinya . Kontak mata antara Ibu dan anak Autism adalah langkah pertama yang segera dan harus dimulai sedini mungkin ,lihat illustrasi *il 001, maaf seluruh illustrasi autism bule , sulit diperoleh dari bangsa Indonesia (courtecy Autism today,Pimpinan Karen Simmons) *ill 001

*ILL 001

2. Oleh karena keluarga besar ada yang mengalami Autism, Dr Iwan S telah melakukan penelitian pribadi selama tujuh tahun. Tahun ini memeproleh komunikasi didunia maya dengan Karen Simmons pemimpin lembaga penerbit “Autism Today” , akhirnya tahun 2010 ditemukan oleh para pakar didumia dan Dr IWAN S proses perkembangandan telah metode modern mengatasi AUTISM.

3. Mekanisme proses perkembangan dan Metode modern mengatasi Autism tersebut telah di sebarluaskan didunia maya oleh Karen simmons “Autism Today” dan juga oleh Dr IWAN S web blog nya dengan alamat hhtp://www.iwansuwandy.wordpress.com ,judul PUSAT INFORMASI AUTISM Dr IWAN SUWANDY, cari (search) ”pusat info autism”

4. Pusat Informasi tersebut bila mendapatkan response akan ditingkatkan menjadi blog sendiri, sementara informasi di sampaikan liwat web blog Dr Iwan Suwandy,MHA dengan info (1) ,(2) dan seterusnya.

II PERKEMBANGAN PUSAT INFORMASI AUTISM

1.Dr Iwan S. melakukan penelitian kepustakaan dan liwat info Autism Today secara pribadi dan langsung memberikan info kepada keluarga besar, agar secepat mungkin upaya dimulai karena bila terlambat sangat sulit untuk berhasil.

2. Setelah memperoleh hasil dalam keluarga besar, timbul ide untuk mensosialisasikan liwan dunia maya, dan pada tanggal 17 September 2010 secara resmi Pusat Informasi dibuka (sof opening) selama satu tahun, bial banyak tanggapan dan dukungan maka akan dibuat satu blog dunia maya khusus.

III. HASIL PENELITIAN PROSES PERKEMBANGAN AUTISM

.1.Pendapat Pakar anggota “ Autism Today”

Autism adalah suatu perkembangan yang tidak biasa dari fungsi otak yang terjadi satu dari 166 anak., akar permasalahan belum diketahui, dan perlu penelitian lebih lanjut dalam bidang ini untuk mambantu ribuan keluarga yang mengalami situasi ini.

2. Pendapat Dr Iwan S (sesuai dengan tulisan yang sudah diterima Autism Today melalui Karen Simmons)

a.Permeriksaan Ilimiah adalah tahap pertama mengatasi autism

Batang otak pusat pengaturan segalia umpan balik reaksi manusia terhadapt rangasangan baik dari luar dan dalam tubuh dalam keadaan normal.

b. Alat anatomi autism normal ,Funsi berbeda dengan anak normal.

Autism tidak abnormal tetapi memiliki sistem yang berbeda , lebih cangih dari manusia biasa, sistem umpan baliknya berfungsi lebih cepat sehingga bila

Info yang banyak tiba sekaligus dipusat umpan baliknya di batang otak *ill 002

*ill 002

, ia masih belum memiliki pengalaman, ibarat seorang anak di perlihatkan sekaligus bermacam-macam jenis hewan dan tanaman sekaligus,tentu ia jadi binggung mau komentar yang mana, anak autism memilih diam dan bergerak hiperaktif ,aksi kekesalan.

.V. HASIL PENELITIAN METODE PENANGULANGAN AUTISM

Autism bukan Penyakit ,tetapi Perbedaan fungsi sistem Batang Otak.Dr Iwan penganut paham ini berpendapat :

1.Lebih dini lebih mudah diatasi karena bila terlambat , sistem elektronik di otaknya sudah macet alias hang .

2.Deteksi sedini sejak bayi, perilaku autism lebih aneh , bila tidur nyenyak sekali, tapi bila sadar nangis dan gerakannya luar biasa, ibarat mobil dia mobil balap seluruhnya serba cangih dan cepat.

3. langkah pertama sesuaikan diri, tataplah matanya dengan langsung secara kasih sayang*ill 003 untuk membangun komunikasi.

*ill 003

4. lakukan permainan bersama dan bila sukses beri hadiah tepukan tanggan dengan tatapan mata mesra. Jenis permainan antara lain memilih warna bola, jenis kotak-kotak, berbagai huruf serta angka-angka. Dapat juga dengan alat permainan sketeboard * ill 004

*ill 004

Bila permainan gembira itu secara kontiniu dilaksanakan pasti ada banyak kemajuan. bila sudah berumur lima tahun permainan games yang cepat dan sulit sangat memberikan kesenangan pada mereka*ill 005

*il 005

5. Jangan sekolah dengan murid banyak , timbul rasa kesal dan teman diserang atau teriak-teriak. Harus belajar dalam kelompok terbatas maksimal sepuluh oramg , tak perlu disekolah luar biasa seprti mendidik anak cacat.

6.Anak Autism adalah manusia luarbiasa, umumnya bila ditangani sejak dini memiliki kecerdasan khusus yang super , seprti main musik piano,biola atau harpa serta gitar sebab perasaan hatinya disalurkan liwat instrumen itu atau dapat juga liwat melukis, hitung matematik sangat luarbiasa , sangat tepat untuk profesi akuntansi, sekuriti dimana motonya sedikit bicara banyak aksi, diluar negeri adanya yang lulus S3.

VI.CONTOH KASUS AUTISM YANG SANGAT CERDAS DAN HIPERAKTIF

Seorang anak lelaki umur empat tahun telah membuat orang tuanya menyerah karena sangat bawel dengan berbagai pertanyaan singkat dan sulit serta tidak setaraf dengan umurnya, sampai dibawa ke psikiater dan psikolog anak, diperiksa tak ada kelainan, oleh para pakar tersebut diminta sabar-sabar bu anaknya punya I Q seratus enam puluh ,sangat luar biasa, ia selalu tanya hal sulit untuk dijawab orang tuanya.

Suatu hari Sang cilik cerdas itu bertemu Dr iwan, aneh tiga hari dua malam, ia jadi tenang malah bisa tidur nyenyak, kendatipun selama ini sulit tidur sampai sang ibu dan bapa bergantian bercerita sampai ketiduran sedang si anak masih melek.

Apa rahasianya, ceritakan dan tanya hal yang istimewa ,pertanyaan dan cerita yang tidak semua orang dewasa dapat memahaminya seperti :

(a) Mengapa pesawat ulang alik luar angkasa , terbang keliling dunia tidak membawa bahan bakar? Sang cilik cerdas tersebut tertegun , kontak matanya mulai ada sebab ada yang ia inginkan ,hal ini penting sebab setiap misteri pasti mengundang perhatian.Setelah dijelaskan, baru sang cilik kagum dan mulai sayang pada opa

(b) Malam hari mau tidur bareng, untuk minta cerita lain lagoi. Malamnya ditempat tidur, Opa bertanya , apa beda Tokek dengan Cecak ? ia tak tahu jadi komunikasi sangat erat, setelah diceritakan perbedaannya ia sangat senang sampai senyum-senyum , lalu saat opa Iwan berkata tidur dulu ya, opa sudah cape ,mau tidur biar kuat besok sambung cerita lagi, dengan perlahan ia meninggalkan kamar dan tidur nyenyak ,

Keesokan hari , pagi sudah bangunkan opa untuk cerita versi baru, Ia sangat Pintar ,namanya Ega,cucu saudara isteri Dr iwan, sikapnya seperti umur lebih dari 12 tahun.

Waktu Opa waktu mau pulang , Ega mau ikut, tapi dibujuk bahwa nanti ke Jakarta buat ketemu opa lagi, baru senyum dan ucapkan selamat jalan , Ega sayang opa .

Selesai @Hakcipta Dr Iwan Suwandy,MHA 2010.

Tidak ada komentar: