environment

environment

Gg1

Minggu, 09 Januari 2011

Kemdiknas Dirikan 5 Pusat Pendidikan Autis

PENDIDIKAN - PENDIDIKAN
Sabtu, 08 Januari 2011 , 13:07:00
http://www.jpnn.com/read/2011/01/08/81416/Kemdiknas-Dirikan-5-Pusat-Pendidikan-Autis-
Kemdiknas Dirikan 5 Pusat Pendidikan Autis

JAKARTA — Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) pada 2011 ini mendirikan lima pusat pengembangan pendidikan autis. Mendiknas Muhammad Nuh mengatakan pendirian fasilitas yang digunakan untuk pendidikan layanan khusus ini akan didirikan di Jakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, dan wilayah Sumatera.

Pendirian pusat pengembangan pendidikan autis ini untuk memberikan pelayanan khusus kepada anak yang menderita autis. Paling banyak populasinya di kota besar. Tahun ini paling tidak ada lima pusat pengembangan autis," kata Nuh.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Mendiknas menyebutkan bahwa pihaknya telah membentuk direktorat tersendiri yang menangani pendidikan dan layanan khusus. Direktorat ini berada pada setiap jenjang pendidikan baik di tingkat pendidikan dasar maupun menengah. "Autis ini belum tertangani dengan baik. Oleh karena itu, kami ingin mendirikan pusat pengembangan pendidikan autis,” ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, dalam menyelenggarakan layanan khusus ini, Kemdiknas akan bekerjasama dengan fakultas kedokteran di kota setempat, para psikolog, serta dari para tenaga pendidik. "Tiga ini bersinergi untuk menangani pusat pengembangan autis," katanya.

Lebih lanjut Mendiknas menyampaikan, sekolah yang menangani pendidikan khusus bisa sekolah eksklusif maupun inklusif. Para guru yang menangani autis dapat mengajar di sekolah-sekolah inklusif. Namun, kata Mendiknas, tidak bisa memaksakan semua di inklusif. "Tidak semua sekolah siap untuk menerima yang memerlukan perhatian eksklusif," imbuhnya.(cha/jpnn)

Tidak ada komentar: