environment

environment

Gg1

Selasa, 16 Februari 2010

kunyit Berkhasiat hebat utk Jantung

http://food.detik.com/read/2009/05/26/175056/1137517/294/kunyit-berkhasiat-hebat-buat-jantung
kunyit Berkhasiat hebat utk Jantung May 27, 2009

Anda suka makan kari, gulai atau nasi kuning? Atau bahkan Anda rajin minum kunyit asam? Kabar gembira buat Anda. Riset terakhir mengungkap kunyit sebagai rempah segar yang dikenal ratusan tahun silam ternyata sangat berkhasiat buat jantung. Apa saja khasiat hebatnya?

Bulan Februari silam hasil sebuah riset berjudul ‘Curcumin prevents and reverses murine cardiac hypertrophy‘ dipublikasikan oleh Journal of Clinical Investigation. Riset ini dilakukan oleh Munk Cardiac Centre of Toronto General Hospital. Peneliti menemukan bahwa kunyit yang diberikan langsung pada berbagai model tikus dengan kasus pembesaran jantung (hypertrophy) terbukti mampu mencegah dan mengurangi hypertrophy dan mengembalikan fungsi jantung.

Kemampuan kunyit sebagai obat sudah dikenal dalam budaya timur sejak lama. Kunyit dipakai dalam makanan India dan pengobatan Cina untuk mengurangi infeksi. Misalnya saja saat ada luka tersayat pisau atau memar, dengan cara pengobatan rumahan langsung ditaburi kunyit bubuk. Kunyit mampu menyembuhkan luka tanpa meninggalkan bekas.

Tak seperti pengobatan alami yang efeknya minimal, kunyit bekerja langsung pada lapisan sel dengan melindungi perkembangan kromosom berlebihan dan mencegah produksi protein yang berlebihan. ├┤Kemampuan kunyit untuk menutup sumber kromosom tempat di mana pembesaran dan pembengkakan gen berlangsung, sangat mengagumkan,├ kata Dr. Peter Liu, ahli jantung Peter Munk Cardiac Centre dan Scientific Director dari Canadian Institutes of Heath Research- Institute of Circulatory and Respiratory Health. Namun, Dr. Liu m

Dr. Liu yang juga memimpin Heart and Stroke Foundation’s Polo Chair Professor di Medicine and Physiologi di Universitas Toronto mengatakan bahwa karena kunyit secara alami sudah mengandung khasiat dengan biaya murah, karenanya bisa menjadi cara aman dan efektif mencegah kegagalan fungsi jantung di masa yang akan datang.

“Apakah Anda muda atau tua, laki-laki atau perempuan, makin besar jantung Anda, makin tinggi resiko terkena serangan jantung atau kegagalan jantung di masa yang akan datang. Namun, sampai percobaan klinis dilakukan, kami tidak menyarankan pasien untuk makan kunyit secara rutin. Anda sebaiknya melalukan tindakan nyata sekarang dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol darah, olah raga dan makan makanan sehat,” demikian tutur Dr. Liu.

Jika percobaan klinis terhadap kunyit mendukung temuan awal untuk pencegahan pembesaran jantung, maka bisa memberi harapan jutaan pasien dengan kasus pembesaran jantung dengan cara yang aman dan tidak mahal. Perawatan dengan kunyit saat ini dilakukan dalam percobaan klinis untuk pasien kanker pankreas dan usus besar dengan hasil menjanjikan. Studi ini dilakukan oleh Heart and Stroke Foundation dan Canadian Institutes of Health Research.

Beruntunglah kita yang kaya akan masakan tradisional dengan rempah segar termasuk kunyit. Tinggal kita melanjutkan kebiasaan nenek moyang makan makanan berbumbu agar tubuh tetap sehat. Sebuah warisan perawatan kesehatan yang murah dan mudah yang perlu terus kita lestarikan.

Tidak ada komentar: