environment

environment

Gg1

Kamis, 21 Januari 2010

Membasmi Kutu Putih

Membasmi Kutu Putih

Bagi para penghobi berkebun pasti pernah merasa jengkel akibat tanaman kesayangan yang terserang kutu putih. Si "Planococcus" ini sering meyerang tanaman seperti pepaya, jambu biji, nangka, srikaya dan tanaman lainnya. Dia suka meyerang dan bersarang di bawah daun dan kuncup daun muda dan menghisap cairan daun, yang mengakibatkan daun muda tumbuh keriput dan tidak sehat.

bersarang dibawah daun dan kuncup daun yg susah terjangkau semprotan

Sebenarnya banyak insektisida yang ada dipasaran untuk membasmi mahluk satu ini. Namun yang perlu diperhatikan, ternyata kutu ini memiliki lapisan lilin yang melindungi tubuhnya dari serangan (termasuk insektisida) dari luar. Dibeberapa tulisan juga dijelaskan, bahwa sebenarnya penanggulangan kutu ini cukup dengan menyemprotkan larutan detergen ke daun yang terserang. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan lapisan lilin yang melindungi tubuhnya. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pagi hari, dengan harapan s
Beberapa rekan yang bertanya tentang pembasmian kutu ini juga saya anjurkan untuk menyemprot mereka dengan insektisida yang di campur dengan larutan detergen. Atau kalau mau agak ribet, semprot dengan larutan detergen dulu, kemudian ulangi dengan penyemprotan insektisida.

Lantas bagaimana jika tanaman kesayangan berada di halaman rumah yang berbahaya jika disemprot insektisida (karena banyak anak-anak), serangan sudah parah, jumlah tanaman cuma 1 atau 2, tidak memiliki insektisida, atau bahkan kutu tersebut tidak mati, tidak terjangkau oleh semprotan insektisida karena berada di ketiak daun/tangkai daun dll ???

Tanpa panjang lebar berikut yang saya lakukan terhadap bibit Nangkadak yang terserang kutu putih :

* Siapkan air yang telah dicampur detergen / sabun cuci cair dengan perbandingan 1 liter air 1 sendok makan detergen, lalu aduk merata.

larutan detergen, 1 liter air 1 sendok makan detergen cair

* Gunakan Spon lembut untuk menghilangkan kutu putih. Celupkan spon ke larutan detergen, usapkan perlahan terhadap bagian daun yang terkena. Lakukan berulang-ulang sampai kutu putih hilang.

usap perlahan-lahan dgn spon lembut

* Bilas dengan air bersih biasa terhadap larutan detergen yang menempel pada daun terserang

bilas dengan air bersih

* Tanaman sudah terbebas dari kutu putih...

tanaman terbebas dari kutu putih

Walaupun sebenarnya cara ini terkesan ribet, namun sebenarnya mudah dan aman untuk dilakukan, tentu saja untuk tanaman yang tidak terlalu banyak jumlahnya.
Kembali itu semua tergantung kepada Anda, langkah mana yang mau Anda lakukan ....
Semoga bermanfaat....
http://ayoberkebun-hervin.blogspot.com/2009/11/membasmi-kutu-putih.html

Tidak ada komentar: