Cara Menghilangkan Melasma

Melasma adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan perubahan warna di kulit wajah. Melasma biasanya muncul sebagai bercak cokelat, hitam, atau abu-abu kebiruan di pipi atas, bibir atas, dahi, dan dagu. Faktor penyebab utamanya adalah perubahan hormon dan paparan sinar matahari sehingga perawatan yang paling efektif dan tahan lama adalah mengurangi atau menghilangkan penyebabnya. Banyak wanita mengalami melasma saat hamil, dan dalam kasus ini, melasma akan hilang secara alami setelah melahirkan.

Metode 1 dari 3:
Menghilangkan Melasma dengan Obat Resep
Sunting

  1. Gambar berjudul Treat Melasma Step 1
    1
    Temui dokter Anda. Bicarakan dengan dokter tentang perubahan hormonal dan krim yang dapat Anda coba untuk menghilangkan melasma sebelum menemui dermatolog. Perawatan melasma dianggap elektif dan mungkin tidak ditanggung asuransi. Jadi, cari tahu biaya semua jenis perawatan dan prosedur sebelumnya.
  2. Gambar berjudul Treat Melasma Step 2
    2
    Berhentilah menggunakan obat yang mungkin menjadi penyebab melasma. Obat-obatan tertentu, seperti pil kontrasepsi dan terapi sulih hormon dapat memengaruhi hormon dan memicu melasma. Bicarakan dengan dokter tentang kemungkinan menghentikan obat ini.[1]
    • Walaupun kehamilan adalah kondisi yang paling umum diasosiasikan dengan melasma, melasma juga diketahui bisa terjadi karena obat dan kondisi yang mempengaruhi hormon. Setelah kehamilan, kontrasepsi oral dan terapi sulih hormon adalah dua penyebab utama lain. Anda dapat berhenti menggunakannya atau menggantinya dengan produk lain untuk menentukan apakah melasma akan memudar dengan sendirinya setelah itu.
  3. Gambar berjudul Treat Melasma Step 3
    3
    Ubahlah terapi sulih hormon Anda. Biasanya, terapi sulih hormon tidak dapat dihentikan. Pertimbangkan mengapa Anda menjalani terapi sulih hormon untuk menentukan apakah bisa dihentikan atau dikurangi dosisnya. Akan tetapi, ada cara untuk mengubah terapi sehingga kemungkinan melasma bisa dikurangi. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum melakukan perubahan.
    • Mulailah sulih hormon di malam hari. Jika Anda melakukannya di pagi hari, matahari akan bersinar pada siang harinya sehingga memaksimalkan risiko melasma. Mengubah jadwal ke malam hari dapat membantu meringankan masalah ini.
    • Perawatan krim dan patch mungkin tidak terlalu menyebabkan melasma daripada perawatan versi oral.
    • Mintalah dokter memberi dosis yang serendah mungkin.[2]
  4. Gambar berjudul Treat Melasma Step 4
    4
    Mintalah resep krim hidrokuinon kepada dokter.Walaupun beberapa perawatan yang mengandung bahan ini dapat dibeli tanpa resep, dermatolog atau dokter umum dapat meresepkan versi yang lebih kuat yang akan lebih efektif untuk mencerahkan kulit.
    • Hidrokuinon ada yang berbentuk krim, losion, gel, atau cair. Hidrokuinon memblokir proses kimia di kulit yang bertanggung jawab membentuk melanin karena melanin mengakibatkan pigmen kulit gelap, dan jumlah pigmen gelap yang berkaitan dengan melasma juga dapat dikurangi.
    • Hidrokuinon resep biasanya memiliki konsentrasi 4%. Konsentrasi hidrokuinon yang lebih tinggi dari 4% umumnya tidak diresepkan dan berbahaya. Hidrokuinon konsentrasi tinggi dapat menyebabkan okronosis, yang merupakan perubahan warna kulit permanen.[3]
  5. Gambar berjudul Treat Melasma Step 5
    5
    Bicarakan dengan dokter tentang pencerah kulit sekunder. Walaupun hidrokuinon digunakan sebagai perawatan pertama dalam banyak kasus, dermatolog mungkin mau meresepkan pencerah kulit sekunder yang membantu memperbesar efeknya.[4]
    • Tretinoin dan kortikosteroid adalah dua di antara perawatan sekunder yang paling sering digunakan. Keduanya dapat mempercepat proses meluruhkan dan mengganti sel-sel kulit tubuh. Beberapa dermatolog bahkan meresepkan triple creams, yang mengandung tretinoin, kortikosteroid, dan hidrokuinon dalam satu formula.
    • Opsi lain adalah asam azaleat atau asam kojat yang memperlambat produksi pigmen penggelap kulit.
    Advertisement

Metode 2 dari 3:
Menghilangkan Melasma dengan Prosedur Profesional
Sunting

  1. Gambar berjudul Treat Melasma Step 6
    1
    Cobalah pengelupasan kimia (chemical peeling).Pengelupasan kimia adalah prosedur yang menggunakan asam glikolat atau zat abrasi kimia sejenisnya untuk mengelupas lapisan luar kulit yang terkena melasma.[5]
    • Kulit diolesi dengan bahan kimia cair sehingga menimbulkan sensasi terbakar ringan. Ketika lapisan atas terkelupas, kulit baru dan bebas melasma akan tampak. Akan tetapi, prosedur ini tidak mencegah melasma jika Anda tidak mengatasi keseimbangan hormon yang menjadi penyebabnya.
    • Walaupun asam glikolat adalah salah satu opsi yang paling umum digunakan, opsi umum lainnya adalah asam trikloroasetat, senyawa kimia yang mirip dengan cuka. Pengelupasan yang dilakukan dengan bahan kimia ini agak lebih sakit setelahnya, tetapi merupakan opsi yang bagus untuk kasus melasma parah.
  2. Gambar berjudul Treat Melasma Step 7
    2
    Diskusikan tentang mikrodermabrasi dan dermabrasi. Selama perawatan ini, lapisan atas kulit pelan-pelan dikelupas dan digantikan dengan kulit yang bersih dan bebas melasma.[6]
    • Dermabrasi dan mikrodermabrasi adalah prosedur medis yang pada dasarnya mengelupas lapisan permukaan kulit menggunakan material abrasi. Selama prosedur dermabrasi, kristal halus digosokkan pada kulit. Kristal ini cukup abrasif untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan kulit yang terkena melasma.
    • Biasanya Anda bisa menjalani kira-kira lima prosedur, masing-masing berjarak dua hingga empat minggu. Anda juga bisa memilih perawatan setiap empat hingga delapan minggu jika penyebab melasma belum ditangani.
  3. Gambar berjudul Treat Melasma Step 8
    3
    Berhati-hatilah dengan perawatan laser. Meskipun sebagian perawatan laser dapat membantu mengangkat kulit yang terkena melasma, beberapa di antaranya justru dapat memperparahnya. Jalani perawatan laser hanya apabila dilakukan oleh ahli profesional berizin. Carilah perawatan dual laserrestoratif atau kecil yang hanya menargetkan pigmen di permukaan kulit.
    • Biaya perawatan laser kecil cenderung mahal, kadang mencapai 10 juta rupiah atau lebih. Ingat bahwa Anda mungkin membutuhkan tiga hingga empat perawatan dalam jangka waktu tiga hingga enam bulan.[7]
  4. Gambar berjudul Treat Melasma Step 9
    4
    Cobalah perawatan dengan platelet-rich plasma.Untuk perawatan ini, plasma yang telah diperkaya untuk mendorong pemulihan disuntikkan ke tubuh. Ini adalah pemulihan eksperimental, tetapi belum begitu dipahami. Namun, bukti awal menunjukkan bahwa plasma ini mungkin tidak hanya bisa mengatasi melasma, tetapi juga mencegahnya datang kembali.[8]
    Advertisement

Metode 3 dari 3:
Menghilangkan Melasma dengan Perawatan Rumahan Tanpa Resep
Sunting

  1. Gambar berjudul Treat Melasma Step 10
    1
    Lindungi kulit dari sinar matahari. Oleskan tabir surya spektrum luas dan ambil tindakan lain untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Ini dapat mencegah munculnya melasma dan mengurangi risiko melasma jadi makin parah.[9]
    • Oleskan tabir surya 20 menit sebelum keluar rumah. Carilah tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, dan pertimbangkan satu nutrisi tambahan, seperti seng, untuk kesehatan kulit.
    • Anda juga dapat mencoba tabir surya “ganda”. Oleskan tabir surya SPF 15 di bawah tabir surya SPF 30 untuk perlindungan lebih.
    • Pakailah topi bertepi lebar dan kacamata besar untuk melindungi wajah. Jika melasma Anda sangat parah, mungkin Anda perlu mempertimbangkan baju lengan panjang dan celana panjang. Cobalah menghindari cahaya matahari langsung sebisa mungkin.
  2. Gambar berjudul Treat Melasma Step 11
    2
    Tenangkan diri. Stres dapat memperparah ketidakseimbangan hormon, dan jika ketidakseimbangan hormon adalah penyebabnya, mengurangi stres dapat membantu mengatasi melasma.[10]
    • Jika Anda sulit menenangkan diri, cobalah teknik seperti meditasi atau yoga. Jika itu tidak berhasil atau tidak menarik bagi Anda, cukup luangkan waktu untuk apa pun yang Anda sukai, seperti berjalan-jalan di taman, membaca, atau mandi berendam.
  3. Gambar berjudul Treat Melasma Step 12
    3
    Carilah krim hidrokuinon bebas resep. Salep hidrokuinon dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan melasma.[11]
    • Hidrokuinon tersedia dalam bentuk krim, losion, gel, atau cair. Hidrokuinon bekerja dengan memblokir proses kimia alami di kulit yang bertanggung jawab membentuk melanin, dan karena melanin memproduksi pigmen kulit gelap, jumlah pigmen yang berkaitan dengan melasma juga akan dikurangi.
    • Ada juga krim hidrokuinon yang mengandung sedikit tabir surya sehingga jika Anda ingin melindungi kulit sambil mengatasi melasma, opsi ini menyediakan kemungkinan untuk itu.
    • Krim hidrokuinon tanpa resep biasanya memiliki konsentrasi 2% atau kurang.
  4. Gambar berjudul Treat Melasma Step 13
    4
    Cobalah krim mengandung cysteamine. Oleh karena secara alami ada di sel-sel tubuh manusia, cysteamine aman dan terbukti dapat menghilangkan melasma.[12]
    • Cysteamine adalah produk alami metabolisme L-cysteine di tubuh manusia. Cysteamine bertindak sebagai antioksidan intrinsik dan diketahui memiliki peran pelindung melawan radiasi ion dan sebagai agen antimutagen. Cysteamine bekerja menghambat sintesis melanin untuk menghasilkan depigmentasi.
  5. Gambar berjudul Treat Melasma Step 14
    5
    Gunakan krim yang mengandung asam kojat atau melaplex. Kedua bahan ini merupakan pencerah kulit, tetapi cenderung lebih lembut dan tidak menyebabkan banyak iritasi jika dibandingkan dengan hidrokuinon. Bahan-bahan ini memperlambat produksi pigmen penggelap kulit. Sebagai hasilnya, muncul sel-sel kulit baru yang tidak terlalu gelap dan menyulitkan pembentukan melasma. [13]
  6. Gambar berjudul Treat Melasma Step 15
    6
    Gunakan tretinoin. Tretinoin adalah bentuk vitamin A yang meningkatkan laju peluruhan sel-sel kulit mati. Dengan demikian, bercak melasma lebih cepat memudar.[14]
    • Akan tetapi, ingat bahwa tretinoin saja tidak menyembuhkan melasma jika penyebabnya tidak ditangani. Melasma akan luruh lebih cepat, tetapi tidak berdampak jika semua sel-sel kulit terkena melasma.
  7. Gambar berjudul Treat Melasma Step 16
    7
    Cobalah paper mulberry. Tanaman ini merupakan pohon kecil atau semak-semak, dan meskipun memiliki banyak kegunaan nonmedis, ekstrak atau produk yang mengandung ekstrak tumbuhan ini dapat digunakan secara oral maupun topikal untuk mengatasi melasma, asalkan Anda mengikuti panduan pemakaian pada kemasannya.[15]
  8. Gambar berjudul Treat Melasma Step 17
    8
    Cobalah perawatan holistis lainnya. Bahan lain yang diketahui membantu mengatasi melasma jika dioleskan adalah bearberry, selada air, asam mandelat, asam laktat, ekstrak kulit lemon, cuka sari apel, dan vitamin C. Semua bahan tersebut dapat menguraikan senyawa yang menghasilkan pigmen di kulit tanpa menghilangkan sepenuhnya dan menyebabkan iritasi atau sensitivitas terhadap cahaya.
  9. Gambar berjudul Treat Melasma Step 18
    9
    Tunggu saja sampai pudar sendiri. Melasma yang muncul karena kehamilan akan hilang sendiri setelah Anda melahirkan. Akan tetapi, ada kemungkinan melasma tersebut akan muncul kembali dalam kehamilan berikutnya.
    • Kasus melasma yang tidak disebabkan kehamilan berlangsung lebih lama dan mungkin memerlukan intervensi perawatan yang lebih aktif.[16]
    Advertisement

PeringatanSunting

  • Jika Anda mengalami iritasi kulit, penggelapan warna kulit, atau masalah kulit lain setelah memulai perawatan untuk mengatasi melasma, hubungi dokter spesialis kulit untuk menentukan apa yang harus dilakukan guna menghentikan masalah tersebut.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Ya
Tidak