environment

environment

Gg1

Kamis, 20 Mei 2010

Rahasia si "Jeruk Lemon"

Rahasia si "Jeruk Lemon"
Dec 11, '08 7:53 AM


Apakah Anda sering mendapati jeruk lemon yang tidak terpakai di dalam kulkas Anda? Sementara jika Anda biarkan terus, buahnya bisa mengering (kandungan kadar air berkurang) dan terpaksa dibuang secara cuma-cuma. Jika benar, mungkin Anda perlu menyulap si jeruk lemon ini dengan sulapan-sulapan kecil yang justru bisa menambah manfaat si jeruk lemon.

Sebelumnya, mungkin anda juga bertanya-tanya apakah yang membedakan jeruk nipis dengan jeruk lemon? Selintas keduanya memang mirip, sama-sama asam. Namun jika diperhatikan, jeruk lemon biasanya berwarna lebih kuning, sementara jeruk nipis berwarna hijau. Dari segi ukuran, jeruk lemon juga berukuran lebih besar daripada jeruk nipis. Dan apabila dibelah, jeruk nipis memiliki ukuran biji yang lebih kecil dibandingkan jeruk lemon.

Nah, kembali kepada jeruk lemon, karena kali ini yang akan kita sulap bersama adalah jeruk lemon, jadi untuk sementara anda bisa mengabaikan dulu si jeruk nipis dan membiarkannya tetap di kulkas.

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk lemon ternyata sangat ampuh untuk membunuh bakteri dalam tubuh kita ataupun di lingkungan sekitar kita, itulah kenapa hampir semua produk pembersih menggunakan ekstrak jeruk lemon. Selain itu, jeruk lemon yang imut-imut ini ternyata juga mengandung zat antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh dan zat anti-carcinogenic untuk mencegah kanker.

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, jeruk lemon kini bisa kita sulap menjadi alat bantu rumah tangga yang ramah lingkungan. Misalnya saja menjadi pengusir semut.Seperti yang kita ketahui kedatangan semut ke dalam rumah kita sering tak terduga dan tak mengenal tempat. Seringkali semut mengerubungi piring berisi kue kita yang manis atau beriringan rapi di tembok rumah. Tapi kini anda bisa percayakan si jeruk lemon untuk menangkal koloni semut ini mengusik rumah anda. Caranya mudah, cukup oleskan air perasa

Anda juga bisa menggunakan jeruk lemon sebagai pengharum ruangan alami. Cukup campurkan perasan air lemon dengan air yang sebanding (1:1) dan masukkan ke dalam alat semprot (sprayer) atau botol bekas parfum. Selanjutnya, tinggal anda semprotkan ke seisi ruangan kapanpun anda mau. Pengharum lemon ini juga tentu lebih ramah kesehatan dan lingkungan karena sama sekali tidak menggunakan bahan kimia seperti aerosol yang biasa digunakan untuk pengharum ruangan di pasaran.

Tak hanya di ruangan, untuk harum yang lebih ampuh menghilangkan bau seperti di toilet, Anda bisa mencampurkan 1/2 gelas borax dengan 1 gelas jeruk lemon yang sudah di-blender. Kemudian bisa anda masukan kedalam gelas yang bisa memberikan keharuman segar sepanjang waktu. Selain toilet, Anda pun bisa tetap menjaga kesegaran kulkas anda dengan membelah terlebih dahulu beberapa buah jeruk lemon dan mebiarkannya di dalam kulkas.

Jeruk lemon juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengembalikan warna benda-benda logam anda seperti perak, tembaga dan kuningan. Namun sebelumnya anda harus terlebih dahulu mencampurkan juice lemon dengan baking soda. Baru setelah keduanya tercampur dengan baik anda bisa mulai menunggu keajaiban warna logam anda dengan menggosokannya pada logam tersebut.

Wah, rupanya, kecil-kecil begitu jeruk lemon punya manfaat yang besar ya? Terlebih bagi Anda yang ingin memulai hidup sehat dan akrab dengan lingkungan, tentu kembali menggunakan apa yang diberikan oleh alam untuk menunjang kehidupan kita bukanlah suatu hal yang merepotkan. Masih ada banyak lagi manfaat jeruk lemon yang bisa anda dapatkan melalui jurnal ini. Tetapi nanti, satu per satu.

Selamat mencoba!

Rahasia si Jeruk Lemon (2)
for everyone

Kembali bersama menyulap jeruk lemon, kali ini saya akan membeberkan manfaat lain dari si buah imut-imut ini. Masih seputar fungsinya untuk menyerap bau, jeruk lemon juga bisa menghilangkan bau kurang sedap di microwave yang mungkin menyisakan beraneka macam bau dari makanan sebelumnya. Untuk mengurangi bau tersebut, Anda bisa mencampurkan air dan irisan jeruk lemon ke dalam mangkuk dan memanggangnya selama 30-60 menit. Kemudian bersihkan microwave dari uap-uap air dengan serbet kering.

Manfaat lain dari Jeruk lemon adalah untuk membersihkan perabot kaca atau jendela anda dengan lebih efektif. Caranya, campurkan 4 sendok makan perasan jeruk lemon dengan setengah (1/2) galon air. Kemudian gunakan lap untuk menggosok kaca-kaca anda.

Tak hanya untuk mengembalikan cemerlangnya kaca Anda, jeruk lemon juga dapat digunakan untuk melenyapkan noda yang menempel di pakaian anda saat mencuci. Hanya dengan mencampurkan satu sendok teh air jeruk lemon ke dalam rendaman baju atau mesin cuci, Anda telah sukses mencuci bersi noda-noda yang membandel.

Dalam urusan dapur, jeruk lemon lagi-lagi unjuk gigi untuk menetralisir parabot dapur dari bakteri jahat. Misalnya saja, talenan (wooden board) yang biasa dipakai untuk alas memotong daging atau sayuran. Dengan mengolesi talenan anda dengan perasan jeruk lemon semalaman dan kemudian dicuci pada keesokan hari, anda telah menciptakan sebuah talenan yang dijamin anti bakteri. Tak hanya bebas bakteri tetapi, lagi-lagi bebas bau!

Jeruk lemon tak hanya jago di dapur rupanya. Kalau Anda pernah mendapati closet atau septi sistem toilet anda tidak beres alias mampat, mungkin anda bisa mengandalkan jeruk lemon sebagai garda pertama untuk menyelesaikan masalah anda sebelum anda mengambil tindakan lebih lanjut. Cukup campurkan jus lemon bersuhu panas (diblender dengan air panas) dengan baking soda. Kemudian anda tinggal mengguyur cairan tersebut ke dalam closet sambil bersiul-siul senang.

Masih ada banyak manfaat dari si jeruk imut ini yang bisa Anda ketahui dan praktikkan. Tetapi lagi-lagi, saya harus meminta Anda menunggu dan menyimak terus jurnal ini untuk mendapatkan bocoran rahasia si jeruk lemon.

Tidak ada komentar: