environment

environment

Gg1

Rabu, 21 Desember 2011

Bila Terkena Gejala Stroke Segeralah ke Dokter

Dr. Sutarto Prodjodisastro, Sp.S : Bila Terkena Gejala Stroke Segeralah ke Dokter
Jakarta, Yastroki (28/9)

http://www.yastroki.or.id/read.php?id=342
Usia adalah faktor risiko stroke yang tidak bisa dikendalikan, maka itu semakin seseorang mengalami usia lanjut maka risiko stroke semakin tinggi, ujar dr. Sutarto Prodjodisastro, Sp.S ahli penyakit saraf dari Yayasan Stroke Indonesia.
Stroke ada dua macam, stroke penyumbatan dan stroke pendarahan, kalau yang rusak otak bagian kanan maka yang lemes bagian tubuh sebelah kiri, tetapi kalau yang rusak otak sebelah kiri maka bagian anggota tubuh yang lemes ada dibagian kanan, tetapi yang paling berat adalah stroke yang menyerang otak sebelah kiri, karena mengakibatkan gangguan memori atau daya ingat, kata dr. Sutarto, Sp.S ketika memberikan ceramah kesehatan tentang penyakit stroke di depan para anggota paguyuban pensiunan pegawai Badan Pusat Statistik di Jakarta pada hari senin (28/9).
Menurut dr. Sutarto Prodjodisastro, Sp.S . kita perlu mengetahui gejala stroke sebagai berikut :
1.Kesadaran dapat menurun.
2.Nyeri kepala hebat tanpa sebab yang nyata, dapat disertai mual dan muntah.
3.Gangguan bicara : bingung/sulit memahami pembicaraan
4.Tingkah laku berubah.
5.Gangguan penglihatan dan pendengaran tiba-tiba.
6.Kesemutan separuh anggota badan/gangguan sensibilitas.
7.Anggota gerak lemah sesisi/separuh anggota badan
8.Berjalan sulit, sempoyongan, keseimbangan terganggu.
9.Kadang-kadang terjatuh waktu bangun tidur atau waktu di kamar mandi.
10.Gangguan fungsi luhur, fungsi otonom, dan lain-lain.
11.Masa krisis 3-5 hari.
Dengan mengetahui gejala stroke ini kita bisa lebih waspada, bila gejala tersebut ada pada diri kita, segeralah berkonsultasi dengan dokter, jangan terlambat untuk ke dokter karena waktu yang baik adalah kurang dari 3-6 jam pasien sudah tertangani oleh dokter yang tepat.
Acara Halal Bihalal memperingati Hari Raya Idul Fitri 1430 H tersebut merupakan ajang jumpa kangen antara para mantan pegawai Biro Pusat Statistik Pusat yang bekerjasama dengan Yayasan Stroke Indonesia untuk mensosialisasikan penanggulangan stroke di lingkungan instansi Biro Pusat Statistik, para peserta yang hadir berujumlah 400 orang.

Tidak ada komentar: