environment

environment

Gg1

Rabu, 14 Juli 2010

Ngompol dan kencing pada anak

Ngompol dan kencing pada anak

Upaya atasi anak ngompol caranya pada saat anak tertidur lelap (bisa siang maupun malam) berikan sentuhan didahinya dengan penuh kelembutan dan kasih sayang (di elus-elus). Ungkapkan kata-kata sayang dan pujian : SayangàPapa sayang kamu, mama sayang kamu. Kamu anak yang baik hati,pintar dan hebat. Mulai sekarang kalau mau pipis dikamar mandi ya. Pipis dikamar mandi. Kamu anak baik pintar dan hebatàà.dst diulang-ulang kalimat yang saya contohkan itu. Nah dalam kondisi sadar,anda juga harus selalu mengungkap

Ngompol atau sering juga disebut dengan nokturnal enuresis ialah pengeluaran urine (air seni) yang tidak disadari pada saat tidur. Terkadang definisi ngompol juga digunakan untuk menyebut anak yang gagal mengontrol pengeluaran urine saat mereka terjaga.

Ngompol dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu ngompol primer (disebabkan karena susunan saraf yang belum sempurna) dan ngompol sekunder (adanya penyakit, seperti infeksi saluran kencing, kencing manis, konstipasi kronis, dan bisa juga gangguan saraf tulang belakang.
Untuk mengetahui kemungkinan ngompol sekunder, maka sebaiknya Bapak mengkonsultasikan dengan dokter.

Adapun jika tidak terbukti ngompol sekunder (tidak ada penyakit), maka dapat dikategorikan sebagai ngompol primer, dan mudah – mudahan dapat diatasi dengan cara berikut :
1. Memotivasi anak agar tidak mengompol, dengan memberikan reward.
2. Rutinkan mengelus ubun – ubun dengan lembut dan penuh kasih sayang saat anak akan tertidur ataupun tidur sambil mengucapkan kata pujian : “ Sayang… pintar… nanti kalau mau pipis bangun ya… pipisnya dikamar mandi…kakak anak hebat, pasti bisa… “ iya mah… aku nanti kalau pipis di kamar mandi…karena akau hebat “ … Iya… karena tempat pipis itu dikamar mandi… dst.
3. Membiasakan sebelum anak untuk buang air kecil sebelum tidur.
4. Meminum madu 2 sendok teh sebelum anak tidur.
http://www.eramuslim.com/konsultasi/sehat/anak-masih-ngompol.htm

mengatasi ngompol : 2/ 3 jam setelah anak tidur, coba anak dibangunkan untuk pipis lagi

Akupunktur mengatasi ngompol primer pada anak mencapai angka keberhasilan hampir 100 %

pijat anak utk kencing terus, ngompol , dll - Anak dalam posisi telungkup, pakai minyak telon, pijit 2-3 cm dari dekat belahan pantat kanan kiri, arahnya ke pinggang. Di situ banyak titik2 syaraf menuju ke bagian perut depan, kandung kemih, usus besar, halus. dll.

Saya ingin sedikit berbagi pengalaman mengatasi anak suka ngompol, anak pertama saya (3 th) dulu sering sekali mengompol, hampir tiap malam, bahkan tidur siangpun kadang dia ngompol. Hingga suatu ketika saya bca sebuah artikel tentang Hipnoparenting dimajalah. Saya coba praktekkan metode hipnoparenting, tiap hari menjelang dia tidur saya bisikkan kalimat "Kakak sudah besar tidak ngompol lagi". Dan ternyata metode ini cukup efektif ,lama-lama mulai berkurang ngompolnya dan sekarang dia sudah tidak ngompol l

Perlu dilakukan pijat refleksi. Jika belum tertolong, maka lakukanlah akupuntur. Saya punya pengalaman positif dengan pengobatan akupunktur.
6. Obat yang perlu diminum adalah:
- 1 sendok teh jintan putih.
- 1 sendok teh bubuk cengkeh.
- 1 sendok teh bubuk lada hitam.
- 250 cc madu.
Cara membuatnya:

Ketiga bubuk dicampur, diaduk rata, kemudian tambahkan 250 cc madu, kemudian diaduk sampai rata. Diminum 2x sehari @ 1 sendok teh, pagi dan sore.

Tidak ada komentar: